Melihat Mafia yang Culas dalam Goodfellas

Review film goodfellas

Jika kelak ada rumah produksi yang meminta saya untuk membantu seorang sutradara memilih pemeran anggota komplotan mafia, saya akan menyebut nama Robert De Niro dan Joe Pesci. Tidak ada keraguan di sana. Saya akan terus mendesak si sutradara untuk memberikan peran mafia kepada dua orang tersebut.

Goodfellas (1990)

Sebuah film keren mampus besutan Martin Scorsese yang mengisahkan seorang anak muda (atau anak kecil?) keturunan Irlandia-Italia bernama Henry. Seperti halnya film mafia pada umumnya, banyak darah dan kekerasan dalam film ini. Frank kecil tumbuh dalam keluarga yang tidak kaya. Karenanya, dia merasa perlu untuk mencari uang tambahan dan kebetulan di seberang rumahnya ada seorang pria baik yang bisa membantunya. Pria baik tersebut ternyata adalah orang Sisilia yang mana merupakan tanah kelahiran dari ibu si Frank. Karenanya, si ibu mendukung hal tersebut. Frank pun mulai melakukan pekerjaan dari yang kecil sampai dengan pekerjaan besar seperti meledakkan mobil.

Joe Pesci Almighty

Entah sejak kapan saya mengagumi Joe Pesci. Mungkin sejak saya menonton film Casino (1995)? Di film yang juga disutradarai oleh Martin Scorsese tersebut, Joe Pesci juga berperan menjadi sindikat mafia dengan sangat keren. Ya ya ya. Mungkin sejak itulah saya mengagumi Joe Pesci yang juga berperan sangat apik di film Irishman (2019) yang lagi dan lagi disutradarai oleh Martin Scorsese.

Dalam perannya di film Goodfellas, Joe Pesci mendapat role sebagai supporting actor. Sebuah peran yang tanpa kehadirannya, film Goodfellas akan menjadi film mafia yang, menurut saya, membosankan. Ia benar-benar tampil memukau dan saya makin mantap untuk mengaguminya. Di mata saya, Joe Pesci selalu berhasil dalam memerankan tokoh pria dewasa menyebalkan yang banyak bacot dan suka bikin masalah hingga merepotkan orang di sekelilingnya. Maka ketika dia ditembak mati di tengah film, saya manggut-manggut sembari bergumam “mampos!!!” 

Tanpa kehadirannya, Goodfellas akan menjadi film yang membosankan. Tidak percaya? Silakan tonton sendiri!

Tontonan Wajib Pencinta Film Bertema Mafia

Teman baik saya mengumpat saat saya beritahu bahwa saya baru menonton Goodfellas beberapa waktu lalu. Dia bertanya ke mana saja saya selama ini. Saya amini reaksi teman saya tadi. Ia ada benarnya kali ini. Terlalu banyak waktu yang saya sia-siakan selama ini sampai-sampai saya melewatkan film sebagus ini.

Sidang pembaca yang budiman, sudahkah Anda menyaksikan Film Goodfellas besutan Martin Scorsese? Sama seperti teman saya. Saya akan memberikan reaksi serupa kepada orang yang mengaku baru menonton film tersebut belakangan ini. Dan bagi yang belum menontonnya, ah sudahlah. Saya akan memberikan reaksi yang lebih jahat lagi. hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *