Review Film Nightcrawler (2014)

review film nightcrawler

Jika kamu sedang mencari tontonan yang bertemakan dunia jurnalistik, film Nightcrawler tampaknya akan menjadi pilihan tepat. Terlebih lagi jika kamu sedang ingin menonton film yang cukup baru karena film ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2014. Tahun yang belum lama-lama amat dan kalau kamu ingin mencari film jurnalistik yang lama, aku akan menyarankan film berjudul All The President’s Men.

Performa Menakjubkan Jake Gyllenhaal

Satu hal yang sangat membikin terkesan dari film ini selain ceritanya yang sangat kuat adalah peran kunci Jake Gyllenhaal. Gyllenhaal sendiri memang bukan aktor kelas pemula. Ia telah bermain di banyak sekali film seperti Prisoners serta Enemy dan Gyllenhaal selalu dapat memainkan perannya dengan sangat memukau.

Dalam film ini, kamu akan bertemu dengan Gyllenhaal yang sedang marah-marah dan aku yakin caranya marah dapat membuatmu merasa ketakutan. Kemarahan yang ditampilkannya dalam film ini benar-benar natural dan seolah mengajarkan pada penontonnya bahwa inilah cara marah yang benar.

Gyllenhaal benar-benar memukau. Termasuk ketika ia sedang memarahi Rick yang dalam film Nightcrawler diperankan oleh Riz Ahmed. Riz Ahmed yang merupakan pemeran utama dalam film Sound of Metal juga menampilkan performa mengagumkan dalam film ini.

Quote Bagus dari Film Nightcrawler

Selain menampilkan peran yang amat memukau, Gyllenhaal juga mengucapkan banyak sekali dialog keren yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut hanyalah sebagian kecil di antaranya.

  • Why you pursue something is as important as what you pursue.

  • Do you know what fear stands for? False Evidence Appearing Real.

  • My motto is if you want to win the lottery you’ve got to make money to buy a ticket.

  • Who am I? I’m a hard worker. I set high goals and I’ve been told that I’m persistent.

Kalimat-kalimat yang sangat keren, bukan? Sebuah film yang benar-benar menarik tidak hanya dari cerita, aktor, tetapi juga dialog yang sangat kuat.

Sisi Gelap Dunia Jurnalistik

Film ini menyuguhkan sisi gelap dunia jurnalistik yang mungkin sangat sulit dipercaya. Sesuatu yang sebenarnya tidak salah karena bagaimanapun juga ini hanyalah sebuah film fiksi. Meski begitu, film ini layak direnungkan lebih jauh. Jangan-jangan memang apa yang selama ini kita terima sebagai berita adalah peristiwa hasil manipulasi sekelompok orang?

Bukankah fiksi paling fiktif seperti pun terlahir dari seseorang yang bisa jadi terinspirasi dari kejadian nyata? Dan mungkin itulah yang terjadi dalam proses penulisan film Nightcrawler? Kalau memang begitu kenyataannya, alangkah menyedihkannya realita peradaban manusia hari ini.

Sekali lagi, jika kamu sedang mencari film bertemakan dunia jurnalistik yang diterbitkan setelah 2010, film Nightcrawler akan menjadi pilihan yang sangat bagus. Atau mungkin kamu adalah seorang dosen ilmu komunikasi yang ingin menayangkan kenyataan dunia jurnalistik kepada mahsiswamu? Film ini mungkin layak kamu pertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *