Review Film What’s Eating Gilbert Grape (1993)

review film What's Eating Gilbert Grape

Beberapa orang yang saya kenal berseloroh betapa mereka bosan dengan keluarganya. Mereka mengatakan keinginannya memiliki keluarga yang unik. Okay, bagi siapa saja yang berpikiran seperti itu, silakan sempatkan waktu untuk menonton What’s Eating Gilbert Grape. Sebuah film yang dibintangi oleh Johnny Depp dan Leonardo DiCaprio ketika usia mereka masih sangatlah muda.

Kenapa What’s Eating Gilbert Grape Menarik

Pertama melihat cuplikannya di instagram yang dibagikan oleh akun-akun penyuka film, saya hanya melihat akting DiCaprio yang, Oh My God, terlihat begitu mudanya dalam film ini. Satu hal yang saya sesali adalah saya tidak mencari tahu lebih lanjut sebelum memutuskan menontonnya. Film ini ternyata bukanlah film komedi seperti yang saya bayangkan awalnya.

Cuplikan yang saya terima nyatanya membahas akting si aktor dan bukan trailer film dan saya benar-benar menyesali kesalahpahaman ini karena What’s Eating Gilbert Grape benar-benar mengaduk-aduk emosi saya yang belum siap menonton film bergenre drama apalagi yang membicarakan keluarga.

Bayangkan Anda ditinggal gantung diri oleh ayah Anda. Kejadian tadi mengawali perubahan pada diri ibu Anda yang mulai terserang gangguan mental dan mulai menggemukkan diri. Makin ia gemuk makin ia enggan meninggalkan rumah karena dia sadar akan dijadikan bahan olol-olok oleh warga. Tambahkan juga seorang adik bungsu yang sedang dalam masa puber yang artinya dewasa belum tetapi sudah tidak kanak-kanak. Oke belum selesai di sana, Anda juga memiliki seorang adik berkebutuhan khusus yang mana dalam hal ini adalah seorang tuna grahita atau bagi beberapa orang tidak sopan disebut sebagai idiot atau juga imbecile. 

Nah, kurang lebih itulah keadaan si tokoh utama bernama Gilbert Grape yang diperankan dengan apik oleh Johnny Depp. Yes betul, orang yang memerankan Jack Sparrow dan Gellert Grindelwald.

DiCaprio yang Masuk Nominasi Oscar Sejak Dini

Sebenarnya, kenapa akhirnya yang saya temukan di instagram lebih kepada performa mengagumkan aktor What’s Eating Gilbert Grape dan bukan ceritanya bukanlah hal yang mengherankan. DiCaprio memang mengerjakan tugasnya dengan sangat mengagumkan di film ini. Sesuatu yang mengantarkannya masuk nominasi oscar kategori aktor pendukung terbaik yang mana merupakan nominasi oscar pertamanya.

Bayangkan diri Anda harus berakting sebagai seorang tuna grahita di atas pohon, di atas tangki air, di bak mandi, dan banyak lokasi lainnya. Akting keren tersebut dimainkan oleh DiCaprio yang saat itu usianya belumlah menyentuh angka 20 tahun. Oke saya memang penggemar DiCaprio dan sejak menonton film What’s Eating Gilbert Grape ini, saya makin mantap untuk menjadikannya sebagai salah satu aktor favorit.

Serunya Menonton Aksi Aktor Kawakan di Usia Mudanya

Saat menyaksikan peran De Niro dalam film Taxi Driver, saya baru saja selesai menonton film The Intern. Taxi Driver dimainkan oleh De Niro di tahun 70an sedangkan The Intern di tahun 2010an. Ada jarak puluhan tahun di sana dan ada satu kesamaan di sana, aktingnya keren semua. Begitu juga aksi akting DiCaprio dalam What’s Eating Gilbert Grape dan The Revenant. Dua film berbeda dengan jarak produksi puluhan tahun but same amazing DiCaprio.

Salah satu hal yang amat saya kagumi dari banyak aktor adalah konsistensi yang mereka miliki. Usia boleh bertambah. Berbagai penghargaan boleh saja telah dimenangkan. Tetapi semua hal itu tidak menghalangi mereka untuk terus berkarya dan selalu menampilkan performa terbaiknya. Sebuah hal yang sangat menginspirasi saya dalam bekerja. Saya pun ingin sekonsisten mereka. Tentunya, dalam bidang yang saya geluti dan kebetulan bukan dalam bidang perfilman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *