Menonton Film di TV dan di Laptop, Lebih Enak Mana?

serunya menonton film di tv

Sudah lebih dari setahun ini, saya tidak menonton film di bioskop. Pandemi membuat saya lebih banyak menonton film di TV atau jika tidak di laptop. Pengalaman yang dihadirkan memang terasa begitu berbeda. Akan tetapi karena dalihnya adalah demi kesehatan bersama, kita bisa apa?

Pengalaman menonton film di TV dan laptop selama setahun lebih ini membuat saya memperhatikan banyak hal dan salah satunya adalah device mana yang lebih memanjakan saya. Meski pada akhirnya saya lebih banyak menonton film di laptop karena memang lebih nyaman, saya tetap memiliki kesan terhadap pengalaman menonton di televisi dan berikut adalah hasil dari apa yang saya alami.

Kelebihan Menonton Film di TV

Awalnya saya tidak terlalu terkesan dengan device yang satu ini. Kebetulan di rumah orang tua terdapat TV yang bisa dimanfaatkan untuk menonton film. Untuk melakukannya, saya perlu menancapkan flashdisk dan memutar film yang tersimpan di dalamnya. Jika tidak, saya juga bisa menancapkan kabel HDMI lalu kemudian memilih film yang ada di dalam laptop.

Meski sebenarnya mudah, kegiatan di atas tetap saja terasa merepotkan menurut saya. Terdapat terlalu banyak hal yang harus dilakukan untuk menikmati film. Karenanya, saya cenderung lebih suka menggunakan laptop langsung saja untuk menonton film.

Hal ini barulah berubah saat saya mengunjungi tempat seorang teman yang memiliki smart TV. Hari itu, pandangan saya berubah seketika. Menonton film di TV ternyata bisa sedemikian mudahnya untuk dilakukan. Bagaimana tidak, di dalam tv yang sudah terinstal Netflix kita tinggal masuk ke dalam aplikasi dan memilih film yang ingin disaksikan. Istilah Netflix and chill ternyata bukanlah slogan yang dilebih-lebihkan. Berikut adalah kelebihan menonton di TV menurut pengalaman saya pribadi.

  1. Bisa dilakukan sambil tiduran.
  2. Suara yang dihasilkan lebih mantap
  3. Tidak perlu khawatir device kepanasan
  4. Bisa menonton secara beramai-ramai terlebih jika ukuran TV-nya cukup besar

Meski banyak kelebihannya, tetap saja terdapat kekurangan yang cukup mengganggu misalnya jika TV berada di ruang tengah dan film yang diputar tengah mempertontonkan adegan ciuman padahal orang tua sedang kebetulan lewat. Selain itu, sinyal internet harus dipastikan stabil terutama jika menonton film dilakukan secara streaming. 

serunya menonton film di tv
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Kelebihan Menonton di Laptop

Oke sekarang kita beranjak ke device yang paling sering saya gunakan, laptop. Kenapa saya lebih sering menonton film di Laptop daripada di TV? Alasannya sederhana saja, kebetulan saya memiliki laptop yang lebih mumpuni daripada TV. Saya saat ini menggunakan MacBook Air 2017 yang menurut saya sangatlah mendukung hobi saya.

Ada pun akses terhadap TV tidaklah semudah akses terhadap laptop karena saya tidak memiliki TV sendiri. Oleh sebab itulah saya jadi lebih sering menggunakan laptop. Berikut adalah beberapa kelebihan menonton di laptop:

  1. Bisa menonton di lebih banyak tempat karena kita bisa membawanya ke mana-mana misalnya kamar, ruang tunggu, kereta, bahkan di dalam bus atau mobil. Saya bahkan menonton film Jojo Rabbit di tempat dan keadaan yang sulit dibayangkan.
  2. Lebih banyak pilihan film karena kita bisa mengakses layanan film tanpa perlu menginstall aplikasinya tidak seperti di smart TV.
  3. Kita tetap dapat bersama seseorang ketika menonton film meski tidak bisa seramai di TV.

Menonton di laptop juga memiliki kekurangan seperti kendala baterai yang bisa habis dan sinyal internet yang kadang tidak stabil.

Kesimpulannya, Pilih yang Mana?

Sejujurnya saya cenderung memilih TV sebagai tempat menonton film. Meski menonton di MacBook memiliki keunggulan dalam hal warna, saya tidak tahan dan sangat tidak tahan ketika laptop mulai menunjukkan peningkatan suhu. Rasanya benar-benar tidak nyaman dan biasanya saya akan menghentikan kegiatan menonton untuk sementara waktu sampai laptop menjadi lebih dingin.

Hal ini tentunya menjadi kendala yang sangat mengganggu terlebih saya lebih menyukai untuk menonton film sampai rambung dalam sekali duduk. Ya, semoga saya bisa membeli smart TV atau bahkan mendapatkannya secara gratis deh, hehe. Ada yang memiliki pemikiran serupa atau pendapat yang lain? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *